feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

MANUSIA DAN KEINDAHAN

Label:

Manusia diciptakan untuk menikmati dan menjaga keindahan yang telah ada, entah itu keindahan ragawi ataupun rohani yang tercipta dari sang KHALIQ. Definisi dari keindahan itu adalah cantik, elok, permai. Selain itu bisa dikatakan bahwa keindahan adalah sesuatu yang rnendatangkan rasa menyenangkan bagi yang melihat.
Lalu apa hubungannya manusia dengan keindahan?saya akan memberikan pendapat saya disini. Manusia mempunyai lima dasar komponen yang dimiliki ketika ia dilahirkan ke dunia, yaitu ; akal, nafsu, hati, ruh, dan sirri (rahasia ilahi). Lalu anda pasti akan bertanya dalam hati, apa kaitannya lima komponen dasar tadi dengan keindahan. Okay, saya ambil satu contoh, dengan akalnya manusia pasti mempunyai keinginan terhadap sesuatu yang indah, karena hampir tidak ada manusia yang menginginka sesuatu yang tidak indah, entah itu dalam bentuk barang atau hanya khayalannya saja.
Dengan akalnya pun, manusia bisa membuat maha karya lagu yang tercipta dalam suatu resonansi nada yang padu, kemudian membentuk suatu keindahan dalam bentuk karya seni yang bisa dinikmati orang lain.
Bahkan dengan nafsunya pun manusia sanggup membentuk suatu keindahan yang luar biasa, kita ambil contoh manusia pasti memiliki nafsu atau angan yang berlebih untuk menjadi orang sukses yang kaya raya, mungkin menurut anda itu bukan suatu keindahan, tapi menurut saya jika kita menjadi orang sukses yang kaya raya dan kita mampu menyisihkan sebagian kekayaan kita kepada orang yang membutuhkan, itu lah yang dinamakan keindahan sesungguhnya.
Selai itu manusia menggunakan nafsunya untuk mendorong hasrat atau keinginan yang dipikirkan atau direnungkan oleh sang akal tadi agar bisa ter realisasikan. Ditambah lagi dengan anugrah yang diberikan-NYA kepada kita (manusia) yakni berupa hati, dimana dengan hati ini manusia dapat merasakan adanya keindahan, oleh karena itu manusia memiliki sensibilitas esthetis.
Selain itu manusia memang secara hakikat membutuhkan keindahan guna kesempurnaan pribadinya. Tanpa estetika manusia tidak akan sempurna, Karena salah satu unsur dari kehidupan adalah estetika. Sedang manusia adalah mahluk hidup, jadi dia sangat memerlukan estetika ini.




0 komentar:

Poskan Komentar

100 Blog Indonesia Terbaik