feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Manusia dan Pandangan Hidup

Label:

Pandangan hidup manusia pasti berbeda – beda, ada yang positif maupun mengarah kea rah negatif . Sebelum saya membahas manusia dan pandangan hidup, seyogyanya saya menjabarkan definisi pandangan hidup menurut saya, adalah pertimbangan yang bisa diandalkan sebagai prinsip atau pegangan hidup seseorang, baik untuk keperluan dunia maupun akhirat. Menurut referensi yang saya dapatkan dari pencarian materi ini, pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yang terdiri dari 3 macam ;
(A) Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya
(B) Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
(C) Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.
Setelah mengetahui definisi dari pandangan hidup, mari kita bahas tentang langkah apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan pandangan hidup yang baik untuk kita sebagai manusia.
(1) Mengenal
(2) Mengerti
(3) Menghayati
(4) Meyakini
(5) Mengabdi

Maksud dari ‘mengenal’, yaitu kita harus mengenal secara mendalam sifat – sifat yang kita miliki agar ada panduan yang baik untuk memperoleh pandangan hidup yang baik dan benar. Kemudian apa yang dimaksud dengan ‘mengerti’??menurut saya kata tersebut berarti kita harus mengerti dan memahami apa itu pandangan hidup dan berguna untuk apa hal tersebut. Setelah kita mengenal dan mengerti, maka kita wajib menghayati pandangan hidup yang telah kita ambil dan pilih, dan meyakini bahwa pandangan hidup yang kita pilih sudah benar. Jika kita masih ragu, maka jangan bimbang untuk memikirkan ulang pandangan hidup kita agar tidak menyesal kemudian, dan yang terakhir adalah mengabdi pada pandangan hidup yang telah kita yakini dan jalani, agar kita memiliki pegangan yang kuat terhadap prinsip hidup yang ada.




0 komentar:

Posting Komentar

100 Blog Indonesia Terbaik