feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Troubleshooting Keyboard

Label:

Tampilan Keyboard Error
Penyebab 1
Connector keyboard renggang dapat meyebabkan bahwa pesan yang tampil dilayar keyboard error .jika keyboard atau connector digoyang, maka kondisi pc dapat kembali normal, tetapi ini tidak akan bertahan lama.
Solusi
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas yaitu dengan mengganjal connector keyboard dengan kertas jika ini dianggap sangat mendesak dan anda tidak punya dana untuk membeli keyboard baru. Atau dapat mengganti connector keyboard yang baru.
Penyebab 2
Kemungkinan juga terdapat pada kabel data keyboard tersebut putus. Biasanya putus pada pangkal connector jantannya, jika sudah begini keyboard tidak akan jalan sama sekali.
Solusi
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas yaitu dengan mengukur kabel data keyboard tersebut dengan AVO meter. Jika ditemukan bahwa kabel data tersebut ada yang putus, maka ganti dengan kabel lain. Tetapi jika tidak, berarti kemungkinan ada pada yang lain (socket kotor misalnya).
Penyebab 3
Ic controller keyboard yang terdapat dalam keyboard berfungsi untuk mencovert bahasa / code digit menjadi ASCI yang akan di informasikan ke pada motherboard, sesuai dengan tombol yang ditekan. Jika IC ini rusak, maka keyboard tidak akan jalan sama sekali.
Solusi
Jika menggunakan keyboard yang terbaru, untuk mengganti IC tersebut tidak mungkin, karena harganya lebih mahal disbanding keyboard baru. Jadi solusinya adalah mengganti keyboard dengan keyboard baru.
Penyebab 4
Putusnya sekring pada motherboard yang terletak dengan connector keyboar yang bertuliskan F1 atau FS1 atau L1.

Solusi
Anda harus mengganti sekring dengan sekring yang lain dan ukuran harus sama.

Beberapa tombol keyboard tidak berfungsi
Penyebab 1
Kemungkinan kerusakan keyboard tersebut disebabkan oleh debu yang menempel pada jalur penekanan karakter. Hal inilah yang dapat menyebabkan tombol keyboard tersebut tidak berfungsi
Solusi
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas yaitu dengan membuka semua baut pengunci yang terdapat di bawah papan bidai, dan pastikan tidak ada yang tertinggal maupun hilang didalam papan bidai ini (keyboard), jalur penekanan karakter tersebut terbuat dari lembaran tipis yang diberi jalur PCB, maka bersihkan PCB tersebut dengan alcohol agar tidak bersentuhan antara PCB atas dan bawah. Dan pasang seperti semula.

Penyebab 2
Kemungkinan lain adalah jalur penghubung antara tombol satu ke tombol yang lain ada yang terputus atau socketnya ada yang longgar. Jika hal ini kemungkinan besar anda berfikir keyboard tidak dapat dipakai lagi.
Solusi
Solusinya adalah mengukur terlebih dahulu jalur PCB pada tombol yang tidak jalan dengan menggunakan avo meter dan temukan dimana yang putus. Untuk menghubungkan jalur tersebut, gunakan tinta emas atau lainnya yang bersifat logam. Oleskan pada jalur yang putus hingga dapat terhubung kembali.
thanks to Ramdani Nazaruddin




0 komentar:

Posting Komentar

100 Blog Indonesia Terbaik