feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Persiapan Tempat dan Pelatihan Personel Sistem Poliklinik

Label:

IMPLEMENTASI SISTEM POLIKLINIK

Implementasi sistem ini berkaitan erat dengan sistem yang saya ambil pada posting sebelumnnya, yaitu implementasi sistem suatu poliklinik. Namun pada posting ini saya khusus membahas tentang Persiapan Tempat dan Pelatihan Personel saja. ‘Poliklinik Sehat’ sedang mengadakan pelatihan khusus untuk menginput data para pasien yang bertujuan untuk memudahkan kerja para pegawainya dalam penginputan data para pasien dan juga agar tidak terjadi antrean yang panjang dalam poliklinik. Poliklinik berniat memaksimalkan peran komputer (komputerisasi) dalam segala hal agar para pegawai poliklinik sehat tidak perlu mencatat secara manual data para pasiennya.
Dapat kita jelaskan implementasi sistem yang merupakan tahap akhir dalam siklus hidup pengembangan sistem (SDLC). Hal-hal pokok yang harus disediakan sebelum implementasi adalah:
1.
A. Persiapan Tempat
1. Perencanaan Fisik:
tata letak (layout) dipersiapkan untuk menunjang perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan adalah ruangan yang mumpuni untuk melancarkan sistem komputerisasi para admin dan user di dalam poliklinik. Poliklinik hanya membutuhkan sekitar 1 atau 2 server komputer yang akan dipakai oleh admin, ditempatkan sedekat mungkin dengan ruang pendaftaran (dekat pintu masuk), agar dapat memudahkan para pasien dalam hal pendaftaran.

B. Fasilitas
Fasilitas yang diperlukan dalam untuk menunjang sistem ini adalah
• komputer server, digunakan untuk menyimpan dan memasukkan data para pasien
• Printer, digunakan untuk mencetak kartu para pasien
• AC, selain berfungsi untuk menyamankan para pasien, AC juga digunakan untuk mendinginkan computer server agar tidak cepat panas
• meja pendaftaran, digunakan untuk mendaftar
• rak penyimpanan berkas para pasien, digunakan untuk menyimpan arsip para pasien
• telepon, digunakan untuk menerima pendaftaran via telepon.

Untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan personel serta memudahkan penerimaan mereka terhadap sistem baru.
2.
Pelatihan Personel
Pelatihan personel ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan personel serta memudahkan penerimaan mereka terhadap sistem baru.
Tiga kelompok yang diberi pelatihan antara lain:
a. Personel teknis
Yang dimaksud dengan personel teknis disini adalah, orang – orang yang berkewajiban menjalankan sistem, mengoperasikan dan memelihara sistem yang baru. Mereka dianggap perlu menjalani pelatihan ini agar mereka dapat mengoperasikan, memelihara dan menjalankan sistem yang baru. Supaya sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan ini dapat berjana dengan baik dan aman. Bila ada kerusakan dalam sistem dapat langsung diperbaiki sehingga tidak mengganggu berjalannya sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan ini.
b. Pegawai
pegawai adalah orang yang berinteraksi langsung dengan sistem yaitu administrator
B.1. Program Pelatihan
Pelatihan bisa secara tutorial atau kelas meliputi :
1. Pelatihan in-house (sewa kelola / di tempat).
2. Pelatihan yang disediakan vendor.
3. Pelatihan dari jasa luar.
Poliklinik sehat menggunakan tipe pelatihan in-house pada sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data. Karena pihak poliklinik tidak mendatangkan pihak luar, dengan kata lain pihak poliklinik membuat sistem ini sendiri.

1. Perangkat lunak pelatihan interaktif
perangkat lunak ini memungkinkan dialog antara user dengan komputer. Berbagai bentuk lunak pelatihan interaktif:

a. Computer-Based Training (CBT)
Software CBT menggunakan mikrokomputer untuk memberikan pedoman kepada pemakai melalui serangkaian pelajaran yang efektif dan mudah dipelajari serta mempunyai fasilitas mencegah kesalahan.

b. Audio-Based Training
Pemakai perlu mempunyai akses ke cassette player dan komputer, dan disertai buku kerja.

c. Video-Based Training
Pemakai memerlukan akses ke TV, VCR, dan komputer.


d. Video Optical Disk
Dapat disebut juga video interaktif, menggunakan CD-ROM untuk mengantarkan materi yang direkam sebelumnya ke monitor yang menghubungkan ke komputer.

2. Pelatihan magang
Pelatihan ini melatih para personel untuk mengoperasikan sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan poliklinik sehat dengan menempatkan personel ke pekerjaan mereka yang sebenarnya.

3. Manual prosedur
Teknik pelatihan ini membantu para pemakai yang tidak mengetahui cara mengoperasikan sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan poliklinik sehat yang akan digunakan. Instruksi - instruksinya akan memberitahu pemakai bagaimana menjalankan perangkat lunak ini.

4. Buku teks
buku teks tidak digunakan, karena sistem ini hanya dibutuhkan para admin (pegawai) saja dalam mendata para client (pasien).




0 komentar:

Posting Komentar

100 Blog Indonesia Terbaik